Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry

B-Bisnis - Usaha Loundry merupakan usaha yang kompleks. Untuk bisa sukses di bisnis ini anda perlu kiat-kiat khusus agar bisnis anda bertahan dan meraih kesuksesan.

Tips Sukses Menjalankan Bisnis Laundry
Konsep
Yang dimaksud dengan konsep disini adalah apakah anda akan melayani orang yang ingin mencuci baju atau menjadi sebuah bisnis laundry yang besar yang menguasai pangsa pasar? Jika hanya untuk melayani orang yang ingin cuci baju maka anda bisa tampil seadanya, dengan peralatan sederhana, dan tenaga seadanya yang tentunya hanya mampu memberikan hasil kerja yang juga seadanya.

Baca juga: Tips Memulai usaha Laundry Kiloan

Namun jika anda ingin membangun usaha laundry yang menguasai panas pasar yang luas. Maka Anda harus menyiapkan  berbagai sarana dan prasarana secara serius sejak awal buka usaha. Konsep ini disebut dengan visi. Apa saja yang harus dipersiapkan dan dilakukan akan kami uraikan dibawah ini.

Peralatan Kerja
Peralatan yang dimaksud adalah mesin cuci, alat pengering, setrika, meja setrika, alat untuk mengemas, sampai dengan rak tempat menyimpan sementara hasil cucian yang sudah siap diserahkan ke konsumen.

Peralatan kerja adalah hal yang paling penting untuk dipersiapkan sejak awal, anda harus pintar-pintar memilih peralatan kerja yang baik dengan harga yang terjangkau.

Bahan Baku

Bahan baku yang dimaksud adalah detergen, pewangi pakaian dan pelembut pakaian. Semua bahan baku ini adalah bahan kimia. Kriteria bahan kimia yang baik untuk usaha laundry anda adalah memiliki bahan yang aman bagi karyawan, aman untuk pakaian, dan juga ramah lingkungan.

Jangan asal pilih bahan kimia yang digunakan karena selain bisa berbahaya bagi kesehatan juga bisa merusak lingkungan. Untuk itu penting untuk memilih bahan kimia yang aman jangan asal pilih hanya karena harganya yang murah.

Tenaga kerja
Penting untuk hanya mempekerjakan mereka yang sudah terampil. karena ini juga akan mempengaruhi kualitas dan kecepatan kerja usah laundry anda. Adapun keterampilan yang harus dimiliki oleh karyawan anda adalah, memahami cara menangani baju berdasarkan bahan dan kainnya. Kecerobohan yang yang sering dilakukan karyawan adalah menghilangkan cucian, cucian tertukar sampai kesalahan menyetrika yang dapat menyebabkan baju mengkerut dan terbakar.

Kesalahan seperti diatas bisa diminimalkan dengan mengerjakan pekerja yang terampil dan memahami pekerjaan mereka. Semuanya bisa diperoleh melalui pelatihan sebelum mempekerjakannya.

Kemasan
Selalu perhatikan kemasan jangan hanya mengandalkan kemasan yang seadanya. Apalagi sampai menggunakan plastik bekas sebagai kemasan. Ini adalah kesalahan fatal yang harus anda hindari.

Lakukanlah pengemasan secara menarik jika ingin pelanggan anda kembali lagi dengan cucian-cucian mereka. Maka bisnis anda pun akan semakin dicintai konsumen dan semakin berkembang.

Kualitas
Jangan sepelekan pekerjaan mencuci pakaian pelanggan anda. Apalagi hanya mencuci nya secara asal-asalan karena bisa berakibat pakaian yang dicuci semakin lama malah semakin buram warnanya bahkan malah terlihat semakin kotor.

Untuk itu selalu perhatikan kualitas hasil cucian anda, karena jika konsumen mendapati baju mereka bersih dan wangi setelah dicuci ditempat anda maka, mereka tidak akan pernah ragu untuk membawa kembali baju cucian mereka ke laundry anda.

Demikian hal-hal yang harus anda perhatikan jika ingin membangun usaha Laudry yang Sukses. Semoga artikel ini bermanfaat...

Tinggalkan Tanggapan Anda Mengenai Artikel di Atas