Usaha Jual Beli Buku di Sekitar Kampus

B-Bisnis - Usaha jual beli buku disekitaran kampus adalah salah satu bentuk usaha atau bisnis yang terus maju dan juga laris di wilayah pendidikan. Selain dekat dengan para calon pembelinya, biasanya juga kita bisa sewa ruko atau kios di sekitaran kampus dengan harga yang terjangkau.
Usaha Jual Beli Buku di Sekitar Kampus
Sekarang pertanyaannya bagaimana caranya jika kita ingin memulai bisnis jual beli buku di sekitaran kampus supaya bisa mendapatkan keuntungan, dan usaha yang kita jalankan bisa terus berkembang?

Baca juga: Bisnis Untuk Mahasiswa

Dalam setiap perdagangan biasa, prinsip yang harus terus dijaga oleh penjual atau pemilik adalah mengambil keuntungan yang sebesar – besarnya. Sama halnya dengan bisnis jual beli buku ini, karena buku adalah sebuah ilmu pengetahuan, maka yang harus diingat oleh seorang penjual buku adalah bahwa ilmu pengetahuan akan selalu mengalami upgrade atau mengalami pembaharuan atau update.

Sehingga setiap penerbit akan selalu melakukan cetak ulang untuk beberapa materi yang lainnya. Sehingga kita sebagai penjual harus mengetahui betul siapa yang akan kita jadikan target untuk membeli buku-buku yang kita jual. Lalu langkah apa saja yang harus kita lakukan jika kita berminat untuk melakukan jual beli buku di sekitaran kampus? yuk, kita langgsung saja simak beberapa ulasannya sebagai berikut :

Lakukan Survey
Langkah pertama adalah lakukan survey ke sejumlah kampus. bertanyalah kepada mahasiswa yang kampusnya anda datangi dalam daerah yang dekat dengan zona target kampus anda. Maka jumlahkan jumlah mahasiswa dari setiap jurusan dalam satu kampus. Anda harus mengklasifikasikan semua jurusan dalam beberapa kampus. Misalnya, kampus A jurusan AB sebanyak 100 orang, jurusan AC 50 orang, jurusan AD sebanyak 300 orang. Lalu kampus B jurusan AB sebanyak 250 orang. Maka hasilnya adalah jurusan AB paling banyak disekitar zona usaha jual beli buku Anda. Sehingga Anda harus mengutamakan buku tentang AB menjadi lebih banyak stoknya.

Jadi anda memiliki gambaran kira-kira berapa stok buku yang harus ada sediakan. Berdasarkan jumlah mahasiswa dalam suatu jurusan di sekitaran kampus lokasi terdekat Anda berjualan. Sehingga, target konsumen Anda sudah jelas bahwa mahasiswa jurusan AB ternyata jauh lebih banyak dibandingkan jurusan AC dan AD.

Pilih lokasi strategisCarilah tempat toko buku yang nyaman jauh dari polusi suara, polusi udara, dan harus dekat dengan kampus. Karena, calon pembeli buku Anda adalah orang yang akan membaca buku, sehingga membutuhkan ketenangan dan kenyamanan. Jangan sampai, saat membaca buku di toko Anda para calon pembeli dipusingkan dengan tempat toko buku Anda berjualan, dari suara bising kendaraan, polusi udara dari kendaraan, dan jauh dari kampus. Sehingga potensi untuk membeli menjadi jauh berkurang.

Harga yang bersahabat dengan kantong mahasiswa
Salah satu cara agar bisa menyiasati kantong mahasiswa dengan harga buku Anda agar lebih menyesuaikan adalah dengan melakukan promo keanggotaan atau member yang sering dilakukan oleh beberapa toko buku swasta yang memberlakukan member card. Anda pun bisa melakukan hal yang sama jika ingin mendapatkan lebih banyak lagi langganannya.

Seperti dengan absen pembelian buku, maka Anda bisa memberikan diskon bagi mereka yang sering belanja buku di toko Anda sebesar 5%. Bagi mahasiswa yang masih mendapatkan uang dari orang tuanya, angka 5% pasti akan dikejar. Anda pun semakin lama akan semakin di kenal oleh kalangan mahasiswa, dan semakin banyak direkomendasikan oleh mahasiswa lainnya.

Demikianlah, artikel Usaha Jual Beli Buku di Sekitar Kampus semoga artikel ini bisa memberikan anda inspirasi dalam memulai usaha anda. Semoga apapun usaha yang anda jalankan bisa segera merah kesuksesan, Salam Sukses...

***B-Bisnis***

Tinggalkan Tanggapan Anda Mengenai Artikel di Atas